Monday, November 6, 2017

Segmen Hatchback Indonesia Masih Dikuasai Honda Jazz

Menilik pada data penjualan wholesales yang diluncurkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tampaknya pabrikan Honda masih menjadi penguasa di segmen pasar Hatchback Indonesia sebesar 53 persen. Sumbangsih penjualan tersebut tak leaps dari dua produk hatchback buatannya, yaitu Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback.

Di mana, dalam data tersebut dilaporkan bahwa Honda Jazz masih menjadi market leader dengan menguasai 49 persen pangsa pasar. Bahkan, jika melihat angka penjualannya di bulan September, sudah ada sebanyak 1.173 unit dan total penjualan tahun 2017 sebanyak 12.964 unit. Tentu, hal tersebut menunjukkan bahwa eksistensi Honda Jazz di pasar hatchback Tanah Air masih cukup perkasa dan sulit ditaklukkan.
Tak hanya Honda Jazz saja, bahkan segmen hatchback ini pun juga turut didominasi pula oleh Civic Hatchback yang telah mencatat penjualan sebanyak 286 unit di bulan September 2017. Fakta dari data tersebut tentunya menunjukkan adanya peningkatan sebesar 186 persen dari penjualan bulan Agustus yang hanya terjual sebanyak 154 unit. Sejak diluncurkan pada Juni 2017, Honda Civic Hatchback telah membukukan penjualan tahunan sebesar 1.006 unit dengan pangsa pasar 4 persen.
Di sisi lain, segmen lainnya yang dikuasai Honda yaitu sedan. Di mana, kali ini model Honda Civic versi sedan terus menjadi penguasa dengan menguasai 68 persen pangsa pasar keseluruhan dengan penjualan tahunan 1.198 unit. Model lainnya di segmen ini yaitu Honda City dengan penjualan tahunan 733 unit, dan diikuti oleh Honda Accord 259 unit.

Terlepas dari itu, kaitannya dengan penjualan Honda Jazz yang masih mendominasi di segmen hatchback tersebut memang menandakan bahwa Jazz masih menjadi mobil hatchback yang digemari oleh para konsumen. Meski saat ini sudah ada beberapa generasi baru buatan pabrik lain, seperti Toyota Yaris Heykers yang baru diluncurkan tahun 2016 lalu. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa Honda Jazz ini masih memiliki masa depan yang panjang di pasar otomotif Indonesia.

No comments:

Post a Comment